Didukung BPDPKS, Samade Seminar Lapangan Soal Pupuk dan Pengelolaan Gulma Kelapa Sawit di Kampar

Bisnis52 Dilihat

BENINGINFO.COM , KAMPAR - Asosiasi Sawitku Masa Depanku (Samade) dan KUD Maju Jaya menyelenggarakan seminar lapangan mengenai pupuk serta pengelolaan gulma dan hama di perkebunan kelapa sawit, Sabtu (21/9/2024).

Kegiatan ini dibuka Camat Tapung, Sofiandi dan dihadiri sekitar 100 peserta dari 15 KUD dan 13 kelompok tani di wilayah Kabupaten Kampar.

Ketua Panitia Pelaksana, M Nizam Tambusai menjelaskan, kegiatan ini berbeda dari acara Samade sebelumnya yang biasanya dilaksanakan di hotel.

“Kami mendatangkan para ahli untuk langsung menjawab masalah yang dihadapi petani sawit terkait pupuk, hama, dan gulma," ujar Nizam.

Ia menambahkan bahwa KUD Maju Jaya merupakan KUD yang berhasil melaksanakan PSR secara swakelola. "Ini menjadi contoh bagi KUD lainnya untuk mencapai kesejahteraan bersama melalui sawit," sebut Nizam.

Ketua KUD Maju Jaya, Saman juga menekankan pentingnya mengikuti program pemerintah. "Mari ikuti program pemerintah untuk memajukan sawit yang berkelanjutan," ajaknya.

Sementara Sekjen DPP Samade, Okslan Juma Indri menjelaskan, latar belakang seminar lapangan karena keluhan petani tentang hama dan gulma yang merugikan.

“Kami ingin mewujudkan perkebunan yang berjalan baik tanpa hambatan teknis," ujarnya. Ia menegaskan dukungan penuh BPDPKS untuk kegiatan ini. Serta pentingnya hilirisasi produk limbah kelapa sawit.

Di akhir acara, peserta turun ke lapangan guna melihat langsung permasalahan di perkebunan sawit warga Desa Pelambaian.

Sambutan secara daring Kepala Divisi Pungutan Biaya dan Iuran CPO BPDPKS, Ahmad Munir mengatakan, pihaknya mengelola dana dengan prinsip 'From Palm Oil to Palm Oil', untuk meningkatkan kesejahteraan sawit rakyat.

Dengan berbagai dukungan dan program yang terencana, seminar ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan kelapa sawit yang berkelanjutan di Indonesia. (rls)

News Feed